Search This Blog

Monday, August 25, 2008

Pencairan cek dari Google Adsense di City Bank

Pencairan Cek Google AdSense di Citibank


Postingan dialog bersama mbak-mbak Citibank kemarin ternyata membuahkan berbagai pertanyaan mengenai tata cara mencairkan cek Google AdSense di Citibank. So, biar gak penasaran, mari kita bahas bareng-bareng :) Oh iya, untuk proses pencairan cek di bank-bank lain secara umum dapat dibaca di artikel saya terdahulu.


Pada dasarnya, karena cek Google AdSense dikeluarkan oleh Citibank, proses pencairan cek AdSense di Citibank lebih mudah jika dibandingkan dengan bank-bank lainnya. Persyaratan utama (dan satu-satunya) adalah Anda harus memiliki kartu identitas (KTP) yang sesuai dengan nama yang tertera di cek. Jika tidak ada, biasanya tergantung dari cabang Citibank tempat Anda mencairkan cek. Ada yang memang tidak bisa dikompromi, ada juga yang masih mau menerima asal ada surat keterangan dari RT/RT tempat Anda tinggal.


Berikutnya adalah masalah biaya. Sejak hampir setahun ini mencairkan cek di sana, biaya yang harus saya keluarkan per cek adalah Rp 100.000,- (fixed rate). Namun ada beberapa kawan yang melaporkan bahwa cabang Citibank di tempat mereka mencairkan meminta komisi sebesar 1/0.25% dari jumlah dana yang dicairkan. Beberapa bank lain biasanya meminta jumlah komisi yang sama (berdasarkan persentase di atas) apabila Anda mencairkan cek di tempat mereka. Misalnya saja bank Niaga.


Perlukah menjadi nasabah Citibank untuk mencairkan cek? TIDAK. Kecuali jika cek Anda bernilai lebih dari $5,000. Daripada harus membuka rekening di Citibank (minimal 50 juta, bo’), saya sendiri lebih memilih mencairkan cek dalam jumlah besar tersebut di bank lain, hehehe.


Yang perlu diperhatikan, tidak semua teller paham akan aturan di atas. Yang tidak paham biasanya akan langsung menolak pencairan cek Anda dan meminta Anda untuk menjadi nasabah. Jika ini terjadi, minta mereka untuk menanyakan masalah tersebut ke Citibank pusat (Jakarta) untuk klarifikasi. Saya pernah mengalami penolakan tersebut pada saat pencairan cek kedua di Citibank. Setelah sempat ‘adu argumentasi’ (lha bulan lalu diterima kok bulan berikutnya dibilang gak bisa nyairin), keesokan harinya justru pihak Citibank yang menghubungi saya dan meminta maaf akan penolakan cek tersebut, hehehe.


Yang paling saya suka dalam mencairkan cek di Citibank adalah waktu pencairannya yang SELALU tepat waktu. Setelah Anda memasukkan cek, biasanya dalam waktu 5-7 hari cek Anda sudah dalam status CLEARED (bisa dilihat di panel Google AdSense Anda). Nah uang hasil pencairan cek akan Anda terima dalam waktu 21 hari setelah cek Anda klir. Selama ini dana hasil pencairan cek selalu saya terima tepat waktu sesuai dengan jadwal di atas, kecuali jika bertepatan dengan hari libur kerja.


Jika dalam jangka waktu tersebut Anda belum dihubungi oleh pihak Citibank? Datangi saja langsung, hehehe. Terkadang meskipun sudah cair dan dana sudah diterima oleh pihak Citibank, mereka tidak langsung menginformasikannya ke cabang Citibank tempat kita mencairkan. Apabila Anda datang langsung, Anda bisa meminta mereka untuk mengecek status pencairan cek Anda. Alasan saja telpon Anda sedang sulit untuk dihubungi, hehehe.


Terakhir, pada saat menerima dana hasil pencairan, Anda juga bisa memilih untuk mengambil dana tersebut dalam satuan Rupiah, Dolar, atau separuh-separuh. Asyik, kan?



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 11 August 2008. Artikel ini disponsori oleh LowonganPekerjaan.Net, situs penyedia informasi lowongan kerja terbaru. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah isi.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...