Search This Blog

Friday, April 17, 2009

Bocoran Soal Ujian Nasional Dibanderol Rp5 Juta

LAMPUNG - Kunci paket soal Ujian Nasional (UN) SMU diduga bocor di Lampung. Di SMU Muhammadiyah I Bandar Lampung, sejumlah siswa disinyalir telah memesan kunci jawaban soal UN yang akan dilaksanakan tanggal 20 April mendatang.


Informasi yang diperoleh okezone di lapangan, Jumat (17/4/2009), harga kunci jawaban UN dibanderol seharga Rp5 juta untuk satu paket kunci jawaban mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi bagi jurusan IPA dan Ekonomi, Geografi, Sosiologi bagi jurusan IPS). Kunci jawaban ini akan diterima siswa yang memesan satu hari menjelang UN.

Seorang siswa SMU Muhammadiyah I yang identitasnya dirahasiakan mengaku, kunci jawaban tersebut dibayar dengan cara patungan beberapa siswa. Di SMU ini, ada jurusan IPS dan IPA.

"Kita patungan Rp100 ribu per orang," Katanya. Siswa ini menyebutkan hampir separuh siswa di tiap kelas XII SMA Muhammadiyah I ini telah membeli kunci jawaban UN dari pihak luar sekolah.

Menurutnya, kunci jawaban ini berasal dari seorang sumber terpercaya di Dinas Pendidikan Lampung. Sementara itu, kepala sekolah SMU 1 Muhammadiyah, Sardjoko, mengatakan tengah menyelidiki kasus ini. "Saat ini kami sedang membicarakan di tingkat Dewan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung," tegasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Johnson Napitupulu, belum memberikan tanggapan terkait kabar tersebut. Pasalnya, saat okezone mendatangi kantornya, yang bersangkutan tidak berada di tempat. (teb)

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...