Search This Blog

Sunday, November 29, 2009

Cara Membuat Menu Baru Joomla

Cara membuat menu joomla, Ketika kita mendapatkan suatu ide kreatif dan ingin dipublikasikan kepada pengunjung site kita melalui tombol menu. Apa yang harus kita lakukan?

1. Pertama tentu anda harus login ke administrator joomla! anda. Kedua tentukan dimana anda akan membuat menu baru tersebut (Main Menu, Top Menu, User Menu dll) atau pilih main menu contohnya dan ketiga berkenaan dengan apakah menu baru anda tersebut (artikel, component atau administrator component?) bila sudah anda siapkan ketiga hal tersebut sekarang ikuti ulasan berikut
2. Artikel - klik Menus (pilih menu main menu, top menu atau user menu) lalu klik new dan lanjutkan dengan memilih salah satu sub article pada tree menu/Select Menu item type article yang mana terdapat beberapa jenis article menu diantaranya Archieved Article List, Article Layout, Article submission layout dan lainnya (untuk mengetahui kegunaannya letakan mouse pointer anda di atas tulisan tersebut dan baca tooltip nya) Pilih salah satu dari menu tree tersebut dan beri nama tombol menu tersebut (jangan lupa untuk melihat Parameter (basic) juga harus anda isi sesuai dengan menu yang anda pilih dan akhiri dengan mengklik Save.
3. Sekarang lihat di frontend site anda pada main menu sudah terdapat tombol menu baru.
4. Component - Install component yang anda inginkan dan lakukan setting component di backend terlebih dahulu sebelum anda publikasikan kemudian lakukan hal yang sama dengan ketika anda membuat menu artikel perbedaannya adalah anda harus memilih component yang telah anda install pada tree menu/Select Menu item type. Kemudian isi parameter-parameternya dengan benar dan akhiri dengan mengklik Save.

Source: http://joomblaster.com

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...