Search This Blog

Sunday, November 29, 2009

Mengganti header Joomla menjadi animasi!

Secara default, gambar pada header Joomla! dalam format .jpg. Lalu, apakah kita tidak bisa mengubahnya dalam bentuk animasi (.swf)? Tentu saja bisa. Dengan sedikit memasukkan code pada header untuk memanggil file .swf, header web kita bisa berubah menjadi animasi.

Mau tau caranya? Ikuti langkah sederhana berikut:

  • Login ke administrator.

clip_image002

  • Klik menu Site > Template Manager > Site Templates.

clip_image004

  • Klik template yang kita gunakan lalu klik Edit HTML.

clip_image006

  • Masukkan code berikut di bawah header.

banner_abdi_negara.swf" quality="high" pluginspage= "http://www.macromedia.com/shockwave/download/index.cgi?P1_Prod_Version=ShockwaveFlash" type="application/x-shockwave-flash" width="635" height="145">

  • Ganti huruf yang cetak tebal dengan file swf Anda. Jangan lupa, simpan file swf tersebut di [nama template]/images. Ukurannya jugadisesuaikan dengan ukuran header web Anda.
  • Klik Save.

clip_image008

  • Refresh tampilan utama web Anda. Hasilnya seperti gambar berikut.

clip_image010

Terima kasih kepada Pasa Firaya, ST yang telah bersedia meminjamkan file swf-nya untuk saya coba.



Meskipun dengan Joomla! Anda tidak perlu mengerti bahasa pemrograman, tidak ada salahnya Anda mengetahui dasar-dasar pemrograman web dengan php dan mysql. Dengan demikian, ketika ada masalah di kemudian hari, Anda bisa mengatasi sendiri. Cari e-book atau belilah buku panduan praktis tentang panduan membuat web dengan php dan mysql. Jika Anda tidak ingin repot, bisa mengikuti kursus online di sini. Dengan panduan praktis yang diberikan, Anda bisa membuat sebuah web/blog hanya dengan 4 langkah.

Source: http://www.sudarma.info

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...