Search This Blog

Sunday, October 18, 2009

Belajar mandiri Bahasa Jepang

Dengan dukungan teknologi informasi sekarang ini, belajar bahasa dapat dilakukan secara mandiri, tanpa harus terikat dengan jadwal kursus yang rutin. Hal ini tentu sangat berguna bagi yang mempunyai kesibukan dan punya waktu luang yang tidak teratur. Sebagian juga dapat didapatkan secara gratis. Berikut adalah pranala dan beberapa perangkat lunak yang saya gunakan untuk belajar mandiri Bahasa Jepang.


Tata bahasa (grammar)
Belajar bahasa tentu harus mempelajari tata bahasa. Dari beberapa situs di internet yang mengajarkan tata bahasa Jepang, hanya situs yang satu ini yang mengajarkan tata bahasa paling bagus. Mempelajari apa yang ada di situs ini sudah dapat digunakan untuk memahami percakapan yang terdapat dalam film-film bahasa Jepang. Hanya saja sayang, situs ini hanya mengajarkan tata bahasa, sehingga kosakata yang didapat sedikit.

http://www.guidetojapanese.org/

Setelah mempelajari tata bahasa, kita dapat memperkaya kosakata dan pemahaman dengan melihat contoh kalimat. Masukkan kata yang dicari di situs berikut, dan klik pada pranala bertuliskan [Ex]

http://www.csse.monash.edu.au/~jwb/cgi-bin/wwwjdic.cgi


Program komputer

Setelah memahami tata bahasa, maka selanjutnya adalah memperkaya kosakata. Perangkat yang sangat penting untuk memperkaya kosakata adalah kamus. Dengan kamus ini, kita dapat mencari arti kata-kata yang belum kita ketahui artinya.

Beberapa program dapat kita gunakan. Program-program tersebut juga dapat kita unduh secara gratis dari internet.

Gjiten
Program ini hanya dapat dijalankan di sistem operasi linux. Dengan program ini, kita dapat memasukkan kata dalam bahasa Inggris dan kita cari padanannya dalam bahasa Jepang, atau kita masukkan kata dalam bahasa Jepang yang ditulis dalam kana (hiragana/katakana) atau kanji dan akan muncul artinya dalam bahasa Jepang. Kita juga dapat mencari tahu kata bahasa Jepang walau hanya tahu kana/kanji bagian depan atau belakangnya saja.


Rikaichan
Program ini adalah add-ons atau program tambahan yang menempel pada program mozilla firefox. Jadi untuk menggunakan program ini harus memasang mozilla firefox terlebih dahulu. Karena mozilla firefox dapat dijalankan di Linux atau Windows, maka program ini juga dapat dijalankan di Linux atau Windows.

Program ini dapat berfungsi sebagai kamus seperti gjiten di atas hanya fitur pencariannya sedikit. Namun keunggulan program ini adalah, bila kita sedang membuka situs berbahasa Jepang dan menemukan kanji yang asing, maka dengan menaruh tetikus (mouse) di atasnya maka artinya akan keluar dengan seketika. Dengan demikian kita tidak perlu repot-repot mencarinya di kamus setiap kali menemui kanji yang belum kita tahu artinya.


J-Ben
Program ini juga kamus bahasa Jepang. Keunggulannya adalah program ini dapat menampilkan gambar cara penulisan kanji. Program ini dapat dijalankan di sistem operasi Linux maupun windows.


jMemorize
Program ini bukan kamus, melainkan program flashcard yang digunakan untuk menghafal kosakata. Dengan program ini, kita dapat memasukkan kata-kata yang ingin dihafal. Kata tersebut dapat kita sisipi gambar sehingga secara visual lebih mudah diingat. Program ini secara otomatis akan memilihkan kata-kata mana saja yang perlu kita pelajari.



Menggambar kanji
Kanji berbeda dengan alfabet. Kalau bahasa yang menggunakan alfabet, maka jika kita menjumpai kata yang tidak kita ketahui, kita dapat mencarinya di kamus dengan memasukkannya hurufnya satu persatu. Namun untuk kanji, hal ini tidak dapat dilakukan. Ini mengingat kanji umum yang jumlahnya 1945, tidak mungkin untuk dibuatkan papan ketiknya (keyboard). Kalau kita sudah tahu cara bacanya, maka kita dapat mengetikkan kana kanji tersebut dengan papan ketik. Namun jika kita sama sekali tidak tahu arti maupun cara bacanya, maka kita harus menggambarnya.

Di dalam sistem operasi Windows, cara memasukkan kanji ke sudah difasilitasi dengan adanya IME. Kita dapat menggambarkan kanji tersebut, lalu memilih satu yang sesuai. Untuk di Linux masih sulit. Kita bisa menggunakan kanjipad namun harus mengetahui cara penulisan kanji. Yang lebih mudah adalah dengan menggunakan semacam kanjipad yang ada di dalam J-Ben. meski demikian, masih kalah dengan IME di Windows. Sering J-Ben tidak menemukan kanji yang kita cari.


Piranti praktis (portabel)

Nintendo DS

Program-program di atas dapat digunakan di dalam komputer. Bagaimana kalau kita sedang di luar, misalnya di toko swalayan atau tempat umum lainnya? Tentu tidak praktis kalau kemana-mana harus membawa laptop apalagi desktop hanya untuk membaca kanji yang kita temui. Untuk itu kita perlu perangkat praktis.

Kita bisa menggunakan PDA Sharp Zaurus SL-C3200 yang dilengkapi dengan kamus bahasa Jepang dengan pengenalan tulisan tangan. Namun harganya tergolong tinggi sekitar 74.800 yen.

Ada pula kamus elektronik khusus bahasa Jepang yang dilengkapi dengan pengenalan tangan seharga 30.000 yen. Kalau yang saya punya sebenarnya adalah konsol permainan Nintendo yang saya isi dengan "game" kamus bahasa Jepang. Harga konsolnya sendiri 16.800 yen sementara kamusnya 4.320 yen sehingga total 21.120 yen. Kalau sedang bosan, kamusnya bisa diganti dengan game yang sesungguhnya. Jadi bisa dapat kamus yang lebih murah, sekaligus piranti game. :D



Source: http://umarsaid.multiply.com

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...