Search This Blog

Monday, October 19, 2009

Inilah Sejarah Kulkas dan Termos Primitif Pertama di Dunia

Pernah tahu kulkas dan termos pertama di dunia? "Tembaga Jian" boleh disebut sebagai kulkas primitif pertama di dunia. Uniknya, kulkas ini bisa juga berfungsi sebagai termos di musim dingin. Tentu saja kulkas dan termos primitif ini tidak menggunakan listrik untuk mengoperasikannya.

Peninggalan dari Cina ini berhasil digali pada tahun 1977 dari makam Zeng Hou Yi di distrik Sui, Propinsi Hubei. Benda ini merupakan hasil karya seni yang tinggi. Bentuknya kotak dengan dihiasi kepala naga dan ukiran bunga.

Benda ini pada awalnya digunakan sebagai tempat menaruh botol anggur. Tembaga ini memiliki 2 lapisan, dengan bejana di dalamnya untuk menempatkan botol anggur agar dingin. Bagian luar (tembaga) disebut Jian, dan bagian dalam disebut Fou.

Pada musim panas, es batu diletakkan di antara tembaga dan bejana sehingga botol anggur dalam bejana tetap dingin. Sedangkan di musim dingin, benda ini berfungsi sebagai termos, dimana air panas diletakkan di antara tembaga dan bejana sehingga botol anggur dalam bejana cepat dihangatkan untuk diminum di cuaca yang dingin.

Dari jaman dahulu manusia tak pernah berhenti bereksplorasi. Segala macam cara akan dilakukannya untuk membantu permasalahan yang ditemuinya dalam kehidupan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...