Search This Blog

Sunday, October 4, 2009

Ikat Kolesterol Dengan Buah?

Tidak hanya dengan obat, kolesterol jahat juga bisa dihambat dengan buah-buahan. Menurut ahli gizi RSUD dr Soetomo Surabaya, Eko DWi Martini DCN, bagian penting dari buah adalah kandungan seratnya yang berfungsi mengikat kolesterol.

“Dengan mengonsumsi buah, kolesterol dalam darah akan diisap dan dibuang melalui feses,” katanya.

Buah-buahan tersebut bisa disajikan sebagai buah potong atau dihidangkan dalam bentuk jus. Bila ingin variasi lain, racik buah-buahan kombinasi, hadirkan sebagai selada buah.

Caranya mudah, buah dipotong-potong dan diberi perasan jeruk nipis. Atau peras sari buah, gunakan sebagai bahan pembuat agar-agar.

Yang perlu diperhatikan, untk semua sajian tersebut, hindari penambahan terlalu banyak gula. Bahkan, sebisa mungkin dianjurkan menghindari penggunaan pemanis. Apalagi, menambahkan pemanis sama saja dengan memasukkan kembali kalori.

Asupan pemanis akan mempertahankan, bahkan meningkatkan kadar trigliserida tubuh. Jika ingin menambah citarasa legit, bisa dimanfaatkan pemanis buatan yang rendah atau nol kalori.

Bila kadar kolesterol tak kunjung turun meski sudah mengonsumsi banyak buah, perlu dilihat pola dan cara konsumsinya. Bisa jadi, buah-buahan tersebut dikonsumsi dengan tambahan banyak pemanis. Atau, diet yang dilakukan masih banyak asupan gorengan, dan makanan berlemak.

Selain mencanangkan pola makan sehat, olahraga juga tidak kalah pentingnya. Tidak perlu berlama-lama, 30 menit sehari sudah termasuk kebiasaan yang bagus. Jalan kaki, Joging atau berenang diaanggap cukup untuk membakar kalori.

Source: http://gugling.com

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...