Search This Blog

Sunday, September 27, 2009

Kecelakaan Lalu Lintas Sepanjang Mudik Lebaran Meningkat

MAGELANG--Kecelakaan lalu lintas selama periode mudik Lebaran tahun ini semakin meningkat. Sepanjang arus mudik Lebaran 2009, Departemen Perhubungan mencatat setidaknya 1444 kecelakaan.

Menteri Perhubungan Jusman Sjafii Djamal menyatakan jumlah kecelakaan ini meningkat 10 persen jika dibandingkan dengan kecelakaan yang terjadi pada musim Lebaran tahun lalu.

''Tapi secara jumlah korban meninggal, turun sekitar 50 persen dibanding tahun lalu,'' kata Menhub di terminal bus Tidar, Magelang Jawa Tengah di sela-sela peninjauan arus balik Lebaran di sejumlah terminal bus di wilayah Jawa Tengah, Ahad (27/9).

Menhub memaparkan, dari kecelakaan tersebut jumlah korban meninggal tercatat 576 orang. Korban luka ringan sebanyak 1.397 disusul luka berat sebanyak 637 orang. ''Untuk luka ringan jumlah ini meningkat sekitar 46 persen sedangkan luka berat meningkat sebanyak enam persen dibanding tahun lalu,'' kata Menhub.

Sedangkan untuk jumlah korban total secara keseluruhan kata Menhub tercatat mengalami kenaikan sebanyak 30 persen. ''Faktor terjadinya kecelakaan ini mayoritas karena pengendara mengantuk dan mengalami kelelahan yang sangat tinggi setelah menempuh perjalanan jauh,'' jelas Menhub.

Catatan kecelakaan yang tinggi ini kata Menhub akan mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah sehingga ke depan angkanya bisa ditekan. cep/taq

http://www.republika.co.id

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...