Search This Blog

Sunday, September 27, 2009

Puncak Arus Balik di Stasiun KA Senen Diperkirakan Sore ini

JAKARTA--Terhitung sejak H+1 lebaran, warga Jakarta yang mudik ke kampung halaman mulai berdatangan kembali. Geliat arus balik pun mulai terlihat di berbagai terminal bus, bandara, pelabuhan dan stasiun kereta api(KA). Tidak terkecuali yang terjadi di stasiun KA, Pasar Senen, Jakarta Pusat.

"Puncak arus balik diperkirakan akan terjadi sore hari ini. Dengan catatan jika volume penumpang tiba mencapai 17 ribu orang. Kalau belum menyentuh angka tersebut, berarti puncak arus balik baru akan terjadi besok sore," ujar Kepala Stasiun KS Pasar Senen, Barosad, Sabtu (26/9).

Volume penumpang tiba di Stasiun KA Pasar Senen telah mencapai 45.900 orang sejak H+1 Lebaran. Setiap jamnya kereta api mampu mengangkut 10 ribu orang selama arus balik berlangsung. "Volume penumpang yang diangkut tersebut 50 persen lebih tinggi dibandingkan hari normal. Biasanya per jam hanya empat sampai lima ribu orang saja," tukas Barosad.

Kereta api yang tiba di stasiun Pasar Senen, kata Barosad, kebanyakan berasal dari arah Timur. Diantaranya kereta-kereta api kelas ekonomi yang berdatangan dari arah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kurang lebih 25 unit kereta api yang menempuh perjalanan menuju Pasar Senen.

Suasana hiruk pikuk arus balik terlihat jelas ketika waktu memasuki pukul 17.00 WIB. Kendati jadwal kedatangan kereta api telah disusun serapih mungkin, namun Barosad tidak menyangkal masih adanya kereta api yang tiba terlambat ke stasiun Pasar Senen. "Biasanya terlambat lima sampais epuluh menit kemari. Hal ini dikarenakan padatnya kereta api yang menuju kemari," tandasnya. c08/taq

http://www.republika.co.id

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...